Makalah tentang Skripsi

| Minggu, 25 Mei 2014
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Karya tulis ilmiah adalah suatu bentuk publikasi ilmiah yang berisi tentang gagasan- gagasan dalam permasalahan yang dituangkan dalam sebuah tulisan dengan sistematika tertentu dan memiliki karakteristik keilmuan dan memenuhi syarat keilmuan. Biasanya karya tulis ilmiah adalah berupa paparan tulisan hasil penelitian. Beberapa jenis karya ilmiah yaitu skripsi, tesis, disertasi, makalah seminar, laporan penelitian, dan jurnal penelitian.
Skripsi adalah jenis karya ilmiah yang ditulis dengan tujuan untuk memenuhi persyaratan penyelesaian program studi yang ditempuh oleh mahasiswa pada jenjang strata satu (S-1). Skripsi merupakan bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam bentuk penelitian yang berhubungan dengan masalah yang sesuai dengan bidang studinya untuk memeperoleh gelar sarjana.
Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus mengetahui karakteristik dan sistematika penulisan skripsi dengan baik, agar mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pedoman mengenai penulisan skripsi yang digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana.
Makalah ini dibuat sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah dan Buku Ajar yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa tentang karakteristik skripsi, bagaimana seharusnya skripsi dirancang sebaik-baiknya sesuai dengan sistematika yang telah ditetapkan sehingga nantinya mahasiswa akan terbantu dalam proses penyusunan skripsi.

B.       Rumusan Maslah
a.    Apakah hakikat skripsi?
b.    Bagaimanakah karakteristik dan sistematika penulisan skripsi?
c.    Apa sajakah tahap pembimbingan dalam penulisan skripsi?
d.   Bagaimankah teknik penulisan skripsi?
e.    Bagaimanakah contoh format penulisan skripsi?
C.      Tujuan
a.       Mengetahui hakikat skripsi
b.      Mengetahui karakteristik dan sistematika penulisan skripsi
c.       Mengetahui tahap pembimbingan dalam penulisan skripsi
d.      Mengetahui teknik penulisan skripsi
e.       Mengetahui contoh format penulisan skripsi
D.      Manfaat
Makalah ini ditulis agar bermanfaat untuk:
a.       Bagi mahasiswa
Penulisan makalah ini bermanfaat agar mahasiswa mengetahui dan memahami tentang skripsi.
b.      Bagi dosen
Penulisan makalah ini bermanfaat untuk pengambilan nilai dalam mata kuliah penulisan karya ilmiah dan buku ajar.




BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Skripsi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), skripsi diartikan sebagai karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis. Wirartha (2006:51) mengemukakan bahwa skripsi adalah karya tulis ilmiah seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S1. Skripsi tersebut adalah bukti kemampuan akademik mahassiswa bersangkutan dalam penelitian dengan topik sesuai bidang studinya. Skripsi disusun dan dipertahankan untuk mencapai gelar sarjana strata satu. Biasanya, skripsi menjadi salah satu syarat kelulusan.
Secara umum skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing skripsi dan dipertanggung-jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir Program untuk memenuhi persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan strata satu (S1). Skripsi sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3). Menurut berbagai sumber, pengertian skripsi dapat didefinisikan sebagai berikut :
a.       Skripsi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program sarjana (S1) Pendidikan (bagi UPI);
b.      Karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari persyaratan pendidikan akademis. (W.J.S Poerwadarminta, 1986 : 957);
c.       Karya tulis ilmiah yang ditulis dan dipersiapkan pada akhir program studinya sebagai salah satu syarat mendapat gelar dan skripsi ini ditulis oleh mahasiswa program S-1. (DR. Nana Sujana, 1988 : 81);
d.      Karya ilmiah yang ditulis sebagai salah satu syarat untuk mencapai tingkat tertentu dan dibuat saat mahasiswa akan menamatkan studinya. (Endry Boeriswati dan Moediasih R. Wijoto, 1991 : 126 – 127);
e.       Karya ilmiah yang ditulis melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil penelitian ilmiah oleh mahasiswa jenjang program sarjana muda atau sarjana. (Ahmad, 1999 : 8);
f.       Karya tertulis di tingkat sarjana muda yang umumnya didasarkan atas penyelidikan bahan-bahan bacaan atau observasi lapangan. (Prof. DR. Winarto Surakhman, 2002 : 10)
Jadi, pada hakikatnya skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan hasil penelitian ilmiah oleh mahasiswa jenjang program Sarjana Muda atau Sarjana. Skripsi dapat merupakan tugas akhir bagi mahasiswa untuk mencapai gelar kesarjanaannya.

B.  Tujuan dan Karakteristik Penulisan Skripsi
a.         Tujuan Penulisan Skripsi
Tujuan utama penulisan skripsi adalah memberi bekal pengalaman belajar ilmiah sehingga mahasiswa mampu:
a)    berpikir dan bekerja secara ilmiah;
b)   merencanakan penelitian ilmiah;
c)    melaksanakan penelitian ilmiah;
d)   menuliskan karya ilmiah hasil penelitian;
e)    mempertahankan dan mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya.
b.        Karakteristik Penulisan Skripsi
a)    Untuk bidang pendidikan, skripsi difokuskan pada eksplorasi* permasalahan atau pemecahan masalah pendidikan dan pengajaran pada tingkat pendidikan prasekolah (PAUD), pendidikan dasar (SD, SLTP, MTs),pendidikan menengah (SMA, SMK, MA), pendidikan tinggi, serta jalur pendidikan luar sekolah termasuk pendidikan keluarga.
b)   Untuk bidang nonkependidikan, skripsi difokuskan kepada permasalahan pada bidang keilmuan yang sesuai dengan program studi mahasiswa;
c)    Skripsi ditulis atas dasar hasil pengamatan dan observasi lapangan dan/atau penelaahan pustaka yang relevan;
d)   Skripsi ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, sedangkan untuk Program Pendidikan Bahasa Arab skripsi ditulis sesuai dalam bidang studi jurusan yang bersangkutan, dengan keharusan membuat sinopsis18 dalam bahasa Indonesia;
e)    Skripsi berbobot 4-6 SKS.

* Eksplorasi: (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994: 254): penjelajahan lapangan dengan tujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak (tentang keadaan); 18 Sinopsis: (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994: 946): ikhtisar karangan ilmiah yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu; ringkasan; abstraksi; Abstrak: (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994: 3): ringkasan, inti; ikhtisar (karangan, laporan, dsb); 19 Pendidikan: (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 994: 232): proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang diusaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan 20 Pengajaran: (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994: 15): proses, perbuatan, cara mengajar atau mengajarkan.

C.      Fungsi Penulisan Skripsi
Penyusunan dan Penulisan skripsi berfungsi sebagai berikut :
a.    Pendidikan dan pengajaran, yakni mendidik dan mengajar mahasiswa dalam memadukan seluruh pengetahuan dan pengalaman yang telah diperolehnya selama melaksanakan program akademik menjadi suatu karya ilmiah dalam bidang keilmuan tertentu sesuai dengan bidang spesialisasi masing-masing.
b.    Penelitian dan pengembangan, yakni upaya memecahkan suatu masalah secara ilmiah dan objektif sehingga membuahkan bermacam-macam gagasan kreatif untuk disumbangkan kepada dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.
c.    Kurikuler yakni merupakan salah satu tugas akademik yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa yang akan menempuh ujian kesarjanaan dalam bidang tertentu.
d.   Evaluasi yaitu sebagai salah satu persyaratan untuk menempuh ujian dan sekaligus merupakan fokus dimana pertanyaan ujian akan disampaikan kepada mahasiswa yang wajib mempertanggungjawabkannya di forum ujian terbuka. Hasil ujian skripsi menjadi salah satu bahan untuk menentukan kelulusan mahasiswa yang bersangkutan.
e.    Administratif yakni produk ilmiah yang dapat dikomunikasikan kepada umum melalui media tertentu dan sekaligus menunjukkan bidang keahlian seorang sarjana yang mungkin kelak berguna dalam kaitannya dengan penempatan dalam bidang pekerjaan bagi seorang lulusan perguruan tinggi.

D.      Sistematika Skripsi
Skripsi yang disusun mahasiswa terdiri dari tiga bagian pokok seperti berikut ini.
a.    Bagian Persiapan
1.      SAMPUL
2.      HALAMAN JUDUL
Judul skripsi dirumuskan dalam satu kalimat yang ringkas, komunikatif, dan afirmatif. Judul harus mencerminkan dan konsisten dengan ruang lingkup penelitian, tujuan penelitian, subjek penelitian dan metode penelitian. Walaupun judul sudah harus dibuat sejak proposal penelitian dibuat, namun pada akhirnya judul dapat saja berubah sesuai dengan kesepakatan antara mahasiswa dengan para pembimbing yang bersangkutan berdasakan data yang berhasil dikumpulkan dan diolah. Maksud penulisan skripsi, ditulis di bawah judul merupakan pernyataan ringkas, yakni untuk memenuhi salah satu syarat menempuh ujian S1. Pernyataan mengenai maksud ini ditulis baik dalam sampul luar maupun sampul dalam. -Tim Pembimbing Kedudukan tim pembimbing ditempatkan pada halaman khusus. Untuk Skripsi S1 dapat digunakan istilah Tim Pembimbing dengan kedudukan sebagai Tim Pertama, Pembimbing Kedua, dan seterusnya. Pernyataan tentang keaslian karya tulis Pernyataan tentang keaslian karya tulis menegaskan bahwa karya tulis tersebut adalah benar-benar karya mahasiswa yang bersangkutan, dan bukan jiplakan. Contoh: “Saya menyatakan bahwa skripsi ini adalah sepenuhnya karya saya sendiri. Tidak ada bagian di dalamnya yang merupakan plagiat dari karya orang lain. Tempat, tanggal, bulan, tahun Yang membuat pernyataan, ttd
3.      HALAMAN PENGESAHAN
Pada halaman ini berisi judul skripsi, nama penulis, NPM serta pihak yang mengesahkan (para pembimbing skripsi) dan diketahui oleh ketua jurusan. Nama pembimbing dan ketua jurusan ditulis lengkap dengan gelarnya
4.      ABSTRAK
Abstrak merupakan uraian singkat dan lengkap yang memuat judul, permasalahan, pendekatan terhadap masalah, landasan teoritik yang digunakan, hasil temuan dan rekomendasi. Abstrak ditulis dalam satu halaman dan diketik dalam satu spasi.
5.      KATA PENGANTAR
Kata pengantar berisi uraian yang mengantar para pembaca skripsi kepada permasalahan yang diteliti. Dalam kata pengantar dapat pula dikemukakan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan karya tulis ilmiahnya. Ucapan terimakasih disampaikan secara singkat, dan sebaiknya tidak merupakan bagian yang terpisah.
6.      DAFTAR ISI
Daftar isi merupakan penyajian sistematika isi secara lebih rinci dari skripsi. Daftar isi berfungsi untuk mempermudah para pembaca mencari judul atau sub-sub isi yang ingin dibacanya. Oleh karena itu, judul dan sub-sub judul yang ditulis dalam daftar isi harus langsung ditunjukan nomor halamannya. Nomor-nomor untuk halaman awal sebelum BAB I digunakan angka romawi kecil misalnya (i, ii, iii, iv dst), sedangkan dari halaman pertama BAB I sampai dengan halaman terakhir dari karya tulis ilmiah digunakan angka Arab (1, 2, 3, 4 dst).
7.      DAFTAR TABEL
Pada dasarnya, fungsi daftar tabel ini sama dengan daftar isi, yakni menyajikan tabel sacara berurutan mulai dari tabel pertama sampai dengan tabel terakhir yang ada dalam skripsi. Secara berurutan daftar tabel ini menyatakan nomor urut tabel (dengan dua angka Hindu-Arab) yang masing-masing menyatakan nomor urut tabel bab di dalam skripsi. Contoh: Tabel 1.3., artinya tabel nomor 3 yang ditulis pada Bab 1. Untuk memudahkan pembaca mencari tabel yang ingin dipelajarinya, pada setiap nomor urut tabel pada daftar tabel diberi nomor halaman yang menunjukkan halaman dimana tabel itu tercantum. Judul tabel pada daftar tabel ditulis dengan HURUF BESAR untuk setiap huruf awal kata, nomor tabel dan judul tabel pada naskah dicantumkan di atas tabel yang bersangkutan.
8.      DAFTAR BAGAN (GAMBAR)
Pada dasarnya, fungsi daftar gambar sama seperti fungsi daftar-daftar lainnya, yakni menyajikan gambar secara berurutan mulai dari gambar pertama sampai dengan gambar yang terakhir yang tercantum dalam skripsi. Nomor gambar pada daftar gambar ditulis dengan dua angka Arab, dicantumkan secara berurutan yang masing-masing menyatakan nomor urut gambar dan nomor urut bab di dalam skripsi. Contoh: Gambar 1.3. artinya gambar nomor 3 pada bab I. Untuk memudahkan pembaca mencari gambar yang ingin dipelajarinya, pada setiap nomor urut gambar pada daftar gambar diberi nomor halaman yang menunjukkan halaman dimana gambar itu tercantum. Judul gambar pada daftar gambar ditulis dengan huruf besar untuk setiap huruf awal kata, nomor gambar dan judul gambar pada naskah dicantumkan di bawah gambar yang bersangkutan.
b.      Bagian Teks
1.      BAB I. PENDAHULUAN
Pendahuluan merupakan bagian awal skripsi yang memberikan gambaran tentang :
a)      Latar belakang
b)      Identifikasi masalah
c)      Batasan dan rumusan masalah
d)     Tujuan dan manfaat penelitian latar belakang masalah
2.      BAB II. LANDASAN TEORI (Diberi judul sesuai dengan isi Bab II)
Bab ini terdiri dari tiga bagian yang saling berkaitan yaitu kajian teori yang harus diuraikan secara cermat, kerangka konseptual dan hipotesis.
a)      Kajian Teoritis
Bab ini berisi kutipan atau teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Di dalamnya dapat dikemukakan hal-hal yang sejalan atau bertentangan dengan pendapat atau teori lain sehingga jelas alasannya mengapa suatu teori tersebut digunakan oleh penulis. Penelitian terdahulu yang relevan juga diperlukan pada bagian ini.
b)      Kerangka Konseptual
Pada bagian ini diperlihatkan kaitan antar variabel yang akan diteliti sesuai dengan teori atau fakta
lapangan yang diperkuatnya.
c)      Hipotesis
Hipotesis dirumuskan berdasarkan kerangka konseptual yang selanjutnya harus diuji kebenarnnya melalui analisis data penelitian.
3.      BAB III. METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini berisi pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian, antar lain meliputi :
a)      Defenisi operasional atau penjelasan variabel penelitian
b)      Tempat atau lokasi dan waktu penelitian
c)      Sumber data atau populasi dan sapel
d)     Instrumen dan cara mengumpulkan data
e)      Teknik analisis data yang digunakan
4.      BAB IV. DESKRIPSI DATA DAN PEMBAHASAN
Bab ini terdiri dari dua bagian besar yaitu :
a)      Deskripsi Data
Berisi serangkaian data yang berhasil dikumpulkan, baik data pendukung seperti latar belakang lembaga / instansi yang diteliti, struktur organisasi dan sebagainya serta data utama yang diperlukan untuk pengujian hipotesis. Data-data tersebut harus dideskripsikan secar sistematis.
b)      Pembahasan
Bagian ini berisi pembahasan tentang hasil penelitian sesuai dengan acuan dan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Bagian pembahasan ini memperlihatkan  ketajaman dan keluasan wawasan penulis mengenai permasalahan yang dikajinya.
5.      BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.
Pada bab ini berisi dua bagian yaitu :
a)      Kesimpulan
Kesimpulan menyajikan pemaknaan secara terpadu terhadap hasil penelitian yang telah diperoleh. Bentuk-bentuk penulisan kesimpulan dapat berupa butir-butir maupun bentuk essai padat
b)      Saran-saran
Dari kesimpulan selanjutnya penulis dapat memberikan saran-saran atau rekomendasi.
c.       Bagian Akhir
1.      DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka hanya berisi sumber-sumber tertulis yang dikutip dan digunakan dalam karya ilmiah (skripsi), karena itu sumber tertulis lain yang tidak dikutip meskipun pernah dibaca penulis dalam kaitannya dengan penulisan skripsinya tidak perlu dimasukkan dalam daftar pustaka. Penulisan pustaka disusun menurut abjad dari nama penulisnya dan nama keluarga harus ditulis lebih dahulu tanpa menyertakan gelar. Sumber tulisan (pustaka) yang menggunakan lebih dari satu baris diketik satu spasi dengan menjorok ke dalam sejauh 0,5 inchi untuk baris ke dua dan seterusnya, sedangkan jarak antar pustaka diketik dengan dua spasi dan diawali pada margin kiri.
2.      LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran berisi keterangan-keterangan tambahan yang digunakan dalam karya ilmiah bersangkutan, misalnya berupa dokumen khusus, instrumen atau alat pengumpul data, ringkasan hasil pengolahan data, peta atau gambar. Setiap lampiran diberi nomor urut dan masing-masing diberi judul.
3.      DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Riwayat hidup penulis ditulis dapat dalam bentuk butir per butir maupun dalam bentuk essai padat yang antara lain memuat nama, tempat dan tanggal lahir, data orang tua penulis, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan tanda penghargaan yang pernah diterima.

E.  Pembimbingan
a.    Prosedur Bimbingan
Penyelesaian skripsi melalui tiga tahap yaitu: 1) persiapan, 2) pelaksanaan, dan 3) penyelesaian akhir ujian.
a.    Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan, mahasiswa dianjurkan berkonsultasi atau diskusi dengan dosen yang memiliki keahlian dalam bidang kajian yang diteliti. Tujuannya adalah untuk memantapkan topik, permasalahan, serta metodologi penelitian yang direncanakan. Berdasarkan hasil konsultasi, mahasiswa melakukan kegiatan sebagai berikut:
1.    Mahasiswa calon diwajibkan menyusun usulan rancangan penulisan skripsi yang memuat:
·      JUDUL SKRIPSI;
·      Latar belakang masalah;
·      Identifikasi masalah termasuk pertanyaan penelitian;
·      Variabel penelitian (bagi penelitian kuantitatif);
·      Tujuan penelitian;
·      Kegunaan penelitian;
·      Definisi operasional (bagi penelitian kuantitatif);
·      Asumsi dan hipotesis (bila ada hipotesis);
·      Ringkasan tinjauan teoretis (dari buku, jurnal, Internet, dan laporan penelitian yang relevan);
·      Metodologi mencakup desain penelitian, sampel atau subjek, instrumen, dan teknik analisis);
·      Sistematika penulisan;
2.    Agenda kegiatan.
3.    Mengajukan rancangan pada butir 1) untuk mendapatkan pengesahan dari Dewan Bimbingan Skripsi di Jurusan (dilaksanakan dalam seminar rancangan penulisan skripsi)
4.    Mendapat persetujuan nama-nama pembimbingnya melalui SK Dekan tentang pembimbing.

b.   Tahap Pelaksanaan Penelitian dan Bimbingan
Setelah Surat Keputusan pengangkatan pembimbing skripsi diterbitkan, mahasiswa yang bersangkutan mulai bekerja di bawah bimbingan pembimbing yang telah ditunjuk. Apabila seorang mahasiswa keberatan atas seseorang pembimbing, maka mahasiswa dapat mengajukan permohonan penggantian pembimbing kepada Dekan melalui Ketua Jurusan. Setelah proposal penelitian disepakati oleh para dosen pembimbing, mahasiswa melaksanakan kegiatan penelitiannya dan kemudian dilanjutkan dengan proses penulisan. Selama proses penelitian dan penulisan, mahasiswa tetap berkonsultasi secara teratur dengan para pembimbingnya sesuai dengan perjanjian antara mahasiswa dengan dosen pembimbing. Untuk memantau kegiatan penelitian mahasiswa semua proses bimbingan direkam dalam kartu bimbingan.
c.    Tahap Penyelesaian Akhir dan Ujian
Setelah penulisan skripsi dinilai oleh tim pembimbing dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan, mahasiswa dapat mengajukan ujian skripsi kepada ketua jurusan. Ujian skripsi dapat diselenggarakan tiap bulan sesuai dengan aturan dalam kalender akademik UPI. Jadwal ujian dan dosen penguji sidang skripsi ditetapkan melalui SK Dekan.

F.   Lembar Kerja dan Pengetikan
a.    Kertas
Kertas yang digunakan ialah HVS 70 atau 80 gram ukuran kuarto ataupun A4 (21,0 x 29,7 cm).
b.    Bidang Kerja
Bidang kerja yang digunakan pada kertas adalah 4 cm dari sisi kiri dan 3 cm masing-masing dari sisi kanan, sisi atas dan sisi bawah kertas.
c.    Pengetikan
Karya ilmiah khususnya skripsi harus diketik dengan komputer dan boleh menggunakan program wordstar, wordPerfeck, Microsoft Word dan program-program pengolah kata lainnya. Jenis huruf yang digunakan ialah yang memiliki 10 karakter setiap inchinya (10 cpi).Naskah diketik dua spasi kecuali untuk hal-hal khusus sebagaimana dijelaskan pada bagian Teknik Penulisan. Awal paragraf dimulai 0,5 inchi ke dalam atau pada ketukan ke enam dari batas margin kiri. Judul tabel, judul gambar dan sejenisnya diketik satu spasi. Judul tabel ditulis di atas tabel sedangkan judul bagan, gambar ataupun grafik ditulis pada bagian bawah. Kata lanjutan setelah tanda koma, titik koma atau titik dua diketik dengan jarak satu karakter dari tanda koma. Kalimat lanjutan setelah tanda titik sebaiknya diketik dengan jarak dua karakter dari tanda titik kalimat sebelumnya.
d.   Ilustrasi
Ilustrasi seperti gambar, tabel ataupun bagan harus ditulis pada kertas naskah. Ilustrasi tersebut tidak boleh menggunakan kertas grafik atau kertas lain yang ditempelkan pada kertas naskah (kecuali foto atau bahan cetakan).
e.    Nomor Halaman
Halaman sampul, judul dan pengesahan tidak dinomori. Halaman abstrak diberi nomor dengan angka arab dan diapit dua tanda kurung. Halaman kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar bagan atau gambar diberi nomor dengan angka romawi kecil i, ii dan seterusnya. Nomor halaman abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar bagan atau gambar diletakkan di tengah bawah dari naskah. Untuk halaman naskah yakni dari halaman pendahuluan sampai halaman daftar pustaka serta lampiran-lampiran diberi nomor dengan angka arab tanpa menggunakan titik. Nomor halaman untuk naskah (pendahuluan sampai daftar pustaka dan lampiran) diletakkan pada sudut kanan atas naskah, kecuali untuk halaman-halaman yang memuat judul bab dan daftar pustaka yang harus diletakkan di tengah bawah dari naskah. Setiap judul bab harus dimulai pada halaman baru.

G. Teknik Penulisan
a.    Angka dan Satuan
Pada awal kalimat tidak dibenarkan menggunakan angka atau lambang. Angka biasanya digunakan untuk menyatakan tanggal, nomor halaman, persentase dan waktu, contohnya : tanggal 1 Agustus 1977; halaman 25; 50 %; pukul 14.00 dan sebagainya. Jika dalam suatu kalimat harus diawali dengan suatu lambang atau angka maka harus ditulis dengan huruf, contohnya : Satu kilogram bahan “X” membutuhkan tenpat seluas 50 cm2 pada meja itu. Ukuran ataupun jumlah dapat menggunakan angka sedangkan satuan dapat disingkat tanpa memberi tanda titik pada akhir singkatannya, seperti : 5 cm, 220 V, 10 kg, 10 ha, 8 km dan seterusnya. Untuk angka besar dapat juga menggunakan kombinasi angka dan huruf, contohnya : 1.500.000 ditulis menjadi 1,5 juta. Hasil pengukuran atau suatu jumlah harus ditulis dengan huruf bila kurang dari 10 dan ditulis dengan angka untuk 10 atau lebih, misalnya : dua orang, tujuh mahasiswa, 10 buah buku. Jika menyatakan suatu rangkaian atau deretan dapat menggunakan angka, misalnya; Pemberian libur kepada karyawan adalah 10 hari, 6 hari dan 4 hari masing-masing untk golongan I,II dan untuk golongan III. Rumus dan kalimat-kalimat matematika dapat ditulis dengan angka atau simbol-simbol. Apabila rumus atau kalimat matematika tersebut hanya terdiri dari satu baris maka penulisannya harus ditempatkan di tengah-tengah.
b.    Singkatan
Singkatan yang boleh digunakan adalah singkatan yang sudah resmi atau lazim digunakan. Untuk menulis singkatan, pertama sekali harus ditulis secara lengkap kemudian diikuti dengan singkatan resminya yang diletakkan di dalam tanda kurung, contoh : Fakultas MIPA (FMIPA) merupakan fakultas favorit untuk Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Penulisan selanjutnya dapat hanya menggunakan singkatan FMIPA saja.
c.    Font Italic
Istilah asing ditulis dengan font italic (cetak miring), contoh : et al
d.   Penulisan Judul
Judul skripsi (pada halaman judul dan sampul) ditulis dengan huruf kapitas di tengah atas, jika judul lebih dari satu baris harus diketik berbentuk piramid terbalik. Judul bab ditulis dengan huruf kapital diletakkan pada atas tengah halaman dan nomor bab ditulis dengan angka romawi. Judul sub bab ditulis pada margin kiri dan didahului dengan huruf urutan (capital). Jarak subbab ialah empat spasi di bawah judul bab, huruf pertama setiap kata dalam judul subbab ditulis dengan huruf kapital kecuali kata sambung. Jarak sub bab dengan teks berikutnya tiga spasi, demikian juga jarak teks dengan sub bab di bawahnya. Berikut ini diberikan contoh penulisan bab dan sub-sub bab yang digunakan.
Contoh :
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nomor sub-sub bab ditulis dengan cara seperti berikut :
A. -----------------
1. -------------------
a. -------------------
1) ----------------
a) ------------
(1) -----------
2.       Paragraf Baru
Paragraf baru harus ditulis menjorok ke dalam sebanyak 6 ketukan (0,5 inchi dari margin kiri).Jangan memulai awal paragraf pada baris terakhir halaman, sebaiknya pula baris terakhir suatu paragraf tidak boleh ditempatkan pada baris awal halaman berikutnya.
3.      Suku Kata
Pemenggalan suku kata harus didasarkan menurut tata bahasa yang dibakukan, pemenggalan suku kata menurut program pengolah kata komputer umumnya menggunakan aturan asing sehingga selalu tidak sesuai dengan tata cara pemenggalan kata dalam bahasa Indonesia.
4.      Kutipan
a)      Kutipan langsung (dari sumber pertama) ditulis dengan menggunakan dua tanda petik (“). Jika kutipan kurang dari empat baris ditulis biasa dengan dua spasi digabung dalam paragraf, akan tetapi jika kutipan empat baris atau lebih maka ditulis satu spasi dan menjorok ke dalam empat ketukan dari margin kiri dan empat ketukan dari margin kanan.
b)      Kutipan dari sumber ke dua ditulis tetap mengacu kepada sumber pertama dengan menyebutkan sumber kedua yang mengutipnya. Cara penulisannya sama seperti halnya untuk kutipan langsung.
c)      Kutipan yang dinyatakan dengan bahasa penulis sendiri (hanya mengutip pokok-pokok pikiran) ditulis dua spasi dan gigabung ke dalam paragraf tetapi dengan menyebutkan sumber kutipan.
d)     Cara menulis sumber kutipan dapat dibedakan dalam dua macam:
Pertama : Jika sumber kutipan ditulis mendahului kutipan, cara penulisannya ialah nama penulis lalu diikuti tahun penerbitan dan halaman yang keduanya diletakkan dalam tanda kurung. Contoh : Moh. As’ad (1996, hal 6) menyatakan .......................
Kedua : Jika sumber kutipan diletakkan setelah kutipan maka penulisannya ialah nama penulis, tahun penerbitan dan halamam yang semuanya dalam tanda kurung. Contoh : Disiplin kerja dapat diartikan sebagai .......(Hasibuan, 1994, hal. 12)
e)      Jika penulis terdiri dari dua orang, nama keluarga dari penulis tersebut harus disebutkan, sebagai contoh : (Hasibuan dan Manulang, 1997, hal. 10).
f)       Jika penulis terdiri lebih dari dua orang, maka cara menulisnya ialah nama keluarga dari penulis pertama dan diikuti dengan et al serta tahun penerbitan dan halaman. Contoh : Sanders, et al (1992) menyatakan ...
g)      Jika bahan kutipan dibahas oleh banyak penulis dengan sumber berbeda maka penulisannya harus menyertakan nama para penulis dan tahun penerbitannya dan diletakkan di dalam tanda kurung, contoh : Produktivitas kerja diartikan sebagai ... (Fraser, 1992; Lathan, 1994; Hasibuan 1996).
h)      Jika sumber kutipan ditulis oleh seorang penulis sama banyak sumber dan tahun penerbitan yang sama maka cara menulisnya adalah dengan menambah huruf a, b dan seterusnya setelah tahun penerbitan, contoh : (Setiawan, 1997a; Setiawan, 1997b).
5.      Daftar Pustaka
Banyak model atau tata cara penulisan daftar pustaka. Dalam pedoman ini komponen yang harus ditulis dalam daftar pustaka ialah nama penulis (nama keluarga diletakkan di depan dan tanpa gelar), tahun penerbitan yang diletakkan dalam kurung, judul sumber pustaka (digaris bawahi), kota tempat penerbit dan nama penerbit. Baris pertama tiap pustaka ditulis pada margin kiri dan baris berikutnya ditulis menjorok ke dalam enam ketukan dari margin kiri. Jarak baris daftar pustaka adalah satu spasi sedangkan jarak sumber pustaka dengan sumber pustaka lainnya dua spasi.
Cara penulisan daftar pustaka dapat dibedakan menurut sumber yang digunakan.
a)      Jurnal, Majalah.
Jika jurnal sebagai sumber pustakanya maka harus ditulis nama penulis, tahun penerbitan (dalam tanda kurung), judul artikel (ditulis di antara dua tanda petik), nama jurnal (digaris bawahi), volume, nomor dan tempat penerbit.
b)      Surat Kabar
Urutan penulisannya ialah nama penulis, tahun penerbitan (dalam tanda kurung), judul artikel (ditulis di antara dua tanda petik), nama surat kabar (digaris bawahi), waktu penerbitan dan kota tempat penerbit.
c)      Buku
Penulisan daftar pustaka jika sumbernya berbentuk buku adalah nama penulis, tahun penerbitan (dalam tanda kurung), judul buku (digaris bawahi), kota tempat penerbit. Antara komponen dipisahkan dengan tanda titik kecuali nama kota dan penerbit yang dipisahkan dengan titik dua. Jika penulisnya terdiri dari dua orang maka keduanya harus dituliskan yang didahului dengan nama keluarga, tetapi jika penulisnya lebih dari dua orang maka hanya nama keluarga dari penulis pertama yang ditulis dan diikuti dengan et al. Jika seorang penulis memiliki lebih dari satu pustaka yang dikutip, penulisan nama hanya pada pustaka pertama sedangkan berikutnya cukup dengan menarik garis sepanjang nama tersebut. Untuk tahun penerbitan yang sama harus dibedakan dengan menambah a, b dan seterusnya setelah tahun penerbitan.      
d)     Pustaka yang Tidak Dipublikasikan
Pustaka yang tidak dipublikasikan seperti skripsi, tesis ataupun disertai jika dijadikan sumber pustaka maka penulisannya adalah nama penulis, tahun penerbitan (dalam tanda kurung ), judul pustaka (digarisbawahi), jenis pustaka dan lembaga, serta keterangan tidak dipublikasikan. Jika sumber pustaka berupa makalah, penulisannya adalah nama penulis, tahun penerbitan (dalam tanda kurung), nama kegiatan dimana makalah diperuntukkan, kota tempat kegiatan.

H.    Contoh Format Penulisan
Contoh halaman judul
MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA MELALUI
PEMBERIAN TRAINING KARYAWAN
PADA PT. MAJU JAYA PERMAI
SKRIPSI
Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat
Memperoleh Gelar Sarjana Sains
Jurusan ................................
LOGO UGM
Oleh
N a m a : Irma Widiastuti
N P M : .............................
JURUSAN : ............................
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2007
Contoh Abstrak
ABSTRAK
Muhammad Iqbal. Meningkatkan Produktivitas Kerja Melalui Pemberian Training
Karyawan Pada PT. Maju Jaya Permai. Skripsi. 2006.
--------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------- dst
Contoh Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
Pasay, N. Haidy (1996). “Pasar Kerja Terkelola: Pekerja dan SDM sebagai Harta Komplementaritas
dalam Kemajuan Teknologi Menghadapi Abad 21”. Makalah Disampaikan pada Kongres ISEI XIII
15 Februari 1996 di Medan.
Rambe, Muis Fauzi (1997). Analisis Proficiency Kerja Karyawan Berdasarkan Latar Belakang
Pendidikan dan Pengalaman: Studi Komparatif di PT. Pelabuhan Indonesia–I Cabang Belawan.
Tesis S2, PPS STIE Ganesha Jakarta. Tidak Dipublikasikan.
Sriadhi (1997a). Panduan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan Software Komputer.
Medan : UPT Pusat Komputer UMSU.
--------- (1997b). Aplikasi Lotus untuk Pengolahan Data Statistik. Medan : UPT Pusat Komputer
UGM.
Steer, Ricard M, et al (1985). Managing Effective Organizations; an Introduction. Boston : Kent
Publishing Company.
Susanto dan Elisabeth (1995). “Network Organization: Kajian Aspek Sumber Daya Manusia”.
Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia, Vol. 24 No. 5.
Indra Priyadi (2006). “Pengaruh Ketidaknyamanan Kerja terhadap Kinerja”. Jurnal Manajemen
dan Bisnis, Vol. 4 No.1., http://www.umsu.ac.id/jurnal/mb.html. Diakses 25 Maret 2007





BAB IV
PENUTUP

Simpulan
Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan hasil penelitian ilmiah oleh mahasiswa jenjang program Sarjana Muda atau Sarjana. Sehingga dapat dikatakan bahwa skripsi merupakan karya ilmiah yang memiliki sistematika penulisan dan tata bahasa yang teratur, ilmiah, logis, dan objektif.
Fungsi penulisan skripsi berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Skripsi tersebut sebagai hasil penelitian atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing skripsi dan dipertanggung-jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir Program. Sehingga dalam penyusunannya tidak dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa melainkan dengan bimbingan dari dosen pembimbing. Serta sistematika penulisan skripsi pun dari satu universitas dengan universitas lainnya dapat berbeda-beda.

Saran
Sebagai mahasiswa sudah seharusnya memiliki pemikiran yang kritis dan mampu menuliskannya dalam sebuah karya ilmiah. Dan salah satunya adalah melalui skripsi. Sehingga alangkah baiknya jika mulai saat ini mahasiswa membuka lebar pikirannya terhadap kondisi sekitarnya agar mampu menulis dengan baik (kontekstual) dan menghindari kegiatan plagiarisme.



DAFTAR PUSTAKA
Halaki, Oemar. 2010. Fungsi dan Tujuan Penulisan Skripsi. (dalam http: //id.shvoong.com/writing-and-speaking/2032944-fungsi-dan-tujuan-skripsi/. Diakses tanggal 6 Maret 2014 pukul 22.08 WIB).
Taufiq, Ahmad. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi. (dalam http://vivitopz.wordpress.com/modul-kuliah/pedoman-penulisan-skripsi//. Diakses tanggal 6 Maret 2014 pukul 22.03 WIB).
Wardani, dkk. 2011. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wirartha, Made. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis. Yogyakarta: ANDI.


0 komentar:

Next Prev
▲Top▲