MAKALAH
PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SD KELAS 5
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Tinggi
Dosen Pengampu : Bapak Sukardi
Disusun oleh :
1. Nailis
Sa’adah (1401411132)
2. Rini
Susanti (1401411218)
3. Puji
Rokhayanti (1401411222)
4. Agus
Stiawan (1401411304)
5. Ayu
Faridha (1401411390)
6. Umi Hani
Fiarini (1401411497)
7. Nur
Lailatul Azizah (1401411498)
8. Lela Diska (1401411090)
9. Farah Nur
Anina I (140141020)
10. Tri
Wahyuni (1401411
11. Ariqiyati (1401411385)
12. Siti
Musyayati (1401411555)
Rombel 10
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan
intelektual, sosial dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang
keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran diharapkan
membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya dan budaya orang lain.
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia diarahkan
untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa
Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis serta
menumbuhkan apresiasi terhadap hasil kesastraan Indonesia.
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di
sekolah dasar dilaksanakan secara integratif (terpadu). Bentuk keterpaduan
tersebut dapat dapat dilakukan secara intra bidang atau antar bidang studi.
Bentuk keterpaduan ini juga dapat dilakukan melalui pemanduan konsep dalam mata
pelajaran bahasa Indonesia. Semua kegiatan ini diintegrasikan oleh
tema-tema yang bermakna, yang ditentukan bersama-sama oleh guru dan siswa.
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara
terpadu sepatutnya dilaksanakan di SD sesuai dengan cara anak memandang dan
menghayati dunianya. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
ini diharapkan siswa dapat memahami rasional serta konsep-konsep yang terkait
dengan pembelajaran bahasa Indonesia secara terpadu.
Maka
prinsip-prinsip dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ini
diharapkan agar peserta didik dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien
sesuai dengan etika yang berlaku, baik lisan maupun tulisan, menghargai dan
bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara,
memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk
berbagai tujuan, dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial,
menikmati dan memanpaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus
budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahsa dan
menghargai juga membanggakan sastra Indonesia sebagai kazanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.
B. Rumusan Masalah
1. Apa
saja prinsip pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD kleas 5?
C.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui prinsip pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD kleas 5.
BAB II
PEMBAHASAN
Tujuan pembelajaran pada dasarnya
adalah rumusan kualifikasi kemampuan yang harus dicapai oleh siswa setelah
melakukan proses pembelajaran. Sasaran dari tujuan pembelajaran meliputi bidang
kognitif, afektif dan psikomotor. Secara hirarkis tujuan dapat di urutkan dari
mulai yang bersifat umum atau jangka panjang sampai pada tingkat tujuan jangka
panjang sampai dengan yang spesifik.
Pembelajaran merupakan suatu sistem
lingkungan belajar yang terdiri dari unsur dan tujuan, bahan pelajaran,
strategi, alat, siswa dan guru. Semua unsur atau komponen tersebut saling
berkaitan, saling mempengaruhi, dan semuanya berfungsi dengan berorientasi
kepada tujuan. Pembelajaran bahasa Indonesia yang di tata dan di atur
sedemikian rupa dengan di dasarkan pada berbagai aspek yang menyangkut aspek
konsep pembelajaran bahasa Indonesia.