Newest Post

Makalah Prinsip Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas

| Kamis, 23 Januari 2014
Baca selengkapnya »
MAKALAH
 PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SD KELAS 5
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Tinggi
Dosen Pengampu : Bapak Sukardi

Disusun oleh :
1.      Nailis Sa’adah                   (1401411132)
2.      Rini Susanti                       (1401411218)
3.      Puji Rokhayanti                (1401411222)
4.      Agus Stiawan                    (1401411304)
5.      Ayu Faridha                      (1401411390)
6.      Umi Hani Fiarini               (1401411497)
7.      Nur Lailatul Azizah          (1401411498)
8.      Lela Diska                         (1401411090)
9.      Farah Nur Anina   I           (140141020)
10.  Tri Wahyuni                      (1401411
11.  Ariqiyati                            (1401411385)
12.  Siti Musyayati                   (1401411555)
Rombel 10
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya dan budaya orang lain.
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil kesastraan Indonesia.
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah dasar dilaksanakan secara integratif (terpadu). Bentuk keterpaduan tersebut dapat dapat dilakukan secara intra bidang atau antar bidang studi. Bentuk keterpaduan ini juga dapat dilakukan melalui pemanduan konsep dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Semua kegiatan ini diintegrasikan oleh tema-tema yang bermakna, yang ditentukan bersama-sama oleh guru dan siswa.
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara terpadu sepatutnya dilaksanakan di SD sesuai dengan cara anak memandang dan menghayati dunianya. Oleh karena itu, pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ini diharapkan siswa dapat memahami rasional serta konsep-konsep yang terkait dengan pembelajaran bahasa Indonesia secara terpadu.
Maka prinsip-prinsip dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia ini diharapkan agar peserta didik dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik lisan maupun tulisan, menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan  emosional dan sosial, menikmati dan memanpaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahsa dan menghargai juga membanggakan sastra Indonesia sebagai kazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja prinsip pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD kleas 5?

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui prinsip pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD kleas 5.
BAB II
PEMBAHASAN

Tujuan pembelajaran pada dasarnya adalah rumusan kualifikasi kemampuan yang harus dicapai oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Sasaran dari tujuan pembelajaran meliputi bidang kognitif, afektif dan psikomotor. Secara hirarkis tujuan dapat di urutkan dari mulai yang bersifat umum atau jangka panjang sampai pada tingkat tujuan jangka panjang sampai dengan yang spesifik.
Pembelajaran merupakan suatu sistem lingkungan belajar yang terdiri dari unsur dan tujuan, bahan pelajaran, strategi, alat, siswa dan guru. Semua unsur atau komponen tersebut saling berkaitan, saling mempengaruhi, dan semuanya berfungsi dengan berorientasi kepada tujuan. Pembelajaran bahasa Indonesia yang di tata dan di atur sedemikian rupa dengan di dasarkan pada berbagai aspek yang menyangkut aspek konsep pembelajaran bahasa Indonesia.

Makalah Prinsip Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas

Posted by : Puji Rokhayanti
Date :Kamis, 23 Januari 2014
With 0komentar
Next Prev
▲Top▲