MENYEMPURNAKAN PROPOSAL PTK SESUAI SARAN YANG
DIBERIKAN
MAKALAH
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata
Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA
Dosen pengampu: Ibu Sri Hartati
Disusun oleh:
1. Fera
Puspita Dewi (1401411088)
/ Rombel 05
2. Rizqina
Amalia (1401411220)
/ Rombel 05
3. Puji
Rokhayanti (1401411222)
/ Rombel 05
Kelompok : 8
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan
mempunyai pengaruh yang dinamis dalam kehidupan manusia di masa depan. Menurut
UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah
suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan nasional bertujuan untuk
mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pendidikan
dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara optimal, yaitu
pengembangan potensi individu yang setinggi-tingginya dalam aspek fisik,
intelektual, emosional, sosial dan spiritual, sesuai dengan tahap perkembangan
serta karakteristik lingkungan fisik dan lingkungan sosio budaya di mana dia hidup.
Proposal Penelitian
Tindakan Kelas merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam dunia
pendidikan terutama digunakan untuk skripsi untuk memperoleh gelar sarjana.
Selain itu, guru
diresahkan oleh tuntutan dari berbagai pihak untuk dapat melaksanakan Penelitian
Tindakan Kelas, tuntutan tersebut terkait dengan kebutuhan akreditasi sekolah,
kenaikan pangkat, program BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan sertifikasi
sebagai pendidik. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas didefinisikan sebagai
suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan
tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan
praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Sebagai contoh
jika guru merasa bahwa minat siswa terhadap mata pelajaran sejarah rendah,
keadaan ini sangat menghambat pencapaian tujuan pembelajaran, maka guru dapat
melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan minat belajar sejarah
siswa.
Proposal harus dibuat sebaik mungkin dengan
menimialisir kesalahan yang ada. Namun kenyataannya,
masih terdapat banyak kesalahan-kesalahan dalam penulisannya suatu proposal.
Oleh karena itu, dalam makalah ini, kami akan membahas tentang kesalahan isi
suatu proposal serta revisinya dengan mengambil contoh proposal.