Form Observasi Psikologi Perkembangan

| Kamis, 07 Juni 2012


Perkembangan Sosial Peserta Didik
         I.          Identitas
a.       Kelas                           :
b.      Hari dan tanggal         :
c.       Tempat observasi        :
d.      Waktu                         :

      II.          Tujuan

Ø  Mengetahui Perbedaan Perkembangan Kecerdasan Anak SD
Aspek yang diobservasi :
No.
Pernyataan
Kemunculan pada Siswa
A
B
C
1.
Perkembangan hubungan sosial
Ø Anak mau bekerjasama (kooperatif)
Ø Anak mau memperhatikan kepentingan oranglain (sosiosentris)
Ø Anak mambentuk genk/kelompok bermain



2.
Perkembangan sikap, nilai, dan moral

Ø Anak mulai mengenal konsep moral (benar&salah)
Ø Anak selalu mematuhi peraturan-peraturan yang ada
Ø Anak dapat memenuhi tuntutan dari guru maupun lingkungan sosial
Ø Anak sudah dapat memahami alasan yang mendasari suatu peraturan
Ø Anak telah mampu membuat suatu keputusan secara mandiri



3.
Perkembangan Bahasa

Ø Anak mampu berkomunikasi dengan orang lain
Ø Anak menguasai perbendaharaan kosakata secara penuh
Ø Anak mampu mengembangkan bahasa dalam bentuk kalimat
Ø Anak mampu menguasai keterampilan membaca dg lancar
Ø Anak banyak bicara



4.
Perkembangan Kepribadian Peserta Didik

Ø Kepercayaan diri yang mendalam  pada diri sendiri & orang lain
Ø Bersikap jujur terhadap diri sendiri
Ø Berdedikasi tinggi
Ø Anak senang kontak dengan orang lain
Ø Mengisolasi diri / tidak mampu melakukan persahabatan
Ø Anak mampu memperjuangkan diri
Ø Anak tidak berani dalam bertindak




Keterangan :
√    : kemunculan iya
-          : kemunculan tidak

0 komentar:

Next Prev
▲Top▲