I. Identitas
a. Kelas :
b. Hari dan tanggal :
c. Tempat observasi :
d. Waktu :
II. Tujuan
Ø Mengetahui Perbedaan Perkembangan Kecerdasan Anak SD
Aspek yang diobservasi :
No.
|
Pernyataan
|
Kemunculan pada Siswa
| ||
A
|
B
|
C
| ||
1.
|
Perkembangan hubungan sosial
Ø Anak mau bekerjasama (kooperatif)
Ø Anak mau memperhatikan kepentingan oranglain (sosiosentris)
Ø Anak mambentuk genk/kelompok bermain
| |||
2.
|
Perkembangan sikap, nilai, dan moral
Ø Anak mulai mengenal konsep moral (benar&salah)
Ø Anak selalu mematuhi peraturan-peraturan yang ada
Ø Anak dapat memenuhi tuntutan dari guru maupun lingkungan sosial
Ø Anak sudah dapat memahami alasan yang mendasari suatu peraturan
Ø Anak telah mampu membuat suatu keputusan secara mandiri
| |||
3.
|
Perkembangan Bahasa
Ø Anak mampu berkomunikasi dengan orang lain
Ø Anak menguasai perbendaharaan kosakata secara penuh
Ø Anak mampu mengembangkan bahasa dalam bentuk kalimat
Ø Anak mampu menguasai keterampilan membaca dg lancar
Ø Anak banyak bicara
| |||
4.
|
Perkembangan Kepribadian Peserta Didik
Ø Kepercayaan diri yang mendalam pada diri sendiri & orang lain
Ø Bersikap jujur terhadap diri sendiri
Ø Berdedikasi tinggi
Ø Anak senang kontak dengan orang lain
Ø Mengisolasi diri / tidak mampu melakukan persahabatan
Ø Anak mampu memperjuangkan diri
Ø Anak tidak berani dalam bertindak
|
Keterangan :
√ : kemunculan iya
- : kemunculan tidak
0 komentar:
Posting Komentar